Kamis, 03 Mei 2018

Peta Konsep Inkubator Pendidikan dan Teknologi

0 komentar
Belajar efektif dimulai dari lingkungan belajar yang berpusat kepada kemampuan pelajar yang berdasarkan indikator keberhasilan. Pembelajaran yang memusatkan kemampuan pelajar dapat diamati dengan menumbuhkan komunitas belajar dalam bentuk kelompok. Persoalan sekarang ini adalah menciptakan ruang kepada pelajar untuk menemukan cara yang terbaik dalam mengembangkan kemampuan yang baik itu kemampuan dalam bidang pendidikan maupun pengembangan teknologi. Dalam mengatasi persoalan tersebut maka peran inkubator pendidikan dan teknologi yang berfungsi sebagai ruang dan bertujuan untuk merangsang pelajar untuk lebih giat mengasah kamampuan anak berbakat.

Strategi penyeleksian adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan  pelajar-pelajar  (individu) yang akan dibina dalam inkubator ini dengan melihat kriteria yang telah ditentukan. Kemudian, strategi pelaksanaan adalah tahapan yang dilakukan kepada pelajar setelah melewati penyeleksian. Adapun peta konsep dari strategi penyeleksian dan pelaksanaan adalah sebagai berikut: 
Peta Konsep Inkubator Pendidikan dan Teknologi
Bedasar pada peta konsep tersebut, diperlukan sebuah perencanaan yang matang mulai pada tahap analisa individu sampai penempatan kerja. Strategi tersebut dapat dijalankan dengan adanya dukungan dari berbagai pihak pemerintah maupun swasta, peran dan fungsi dari berbagai pihak dapat mendorong serta menjadi nilai “Gold” pada anak berbagai karena adanya jaminan dalam keikutsertaan dalam lembaga pendidikan ini. Pihak pemerintah sebagai mediator dalam lembaga pendidikan ini, pihak swasta dijadikan sebagai stakeholder untuk penempatan kerja dari luaran lembaga ini.

Pembagunan sumber daya manusia dapat didukung dengan pemenuhan berbagai indicator dalam pelaksanaan tujuan pendidikan. Hal inilah yang menjadi cita-cita bersama bangsa Indonesia, dengan adanya lembaga pendidikan ini dapat mendorong kualitas sumber daya manusia. Sama halnya dengan beberapa lembaga pendidikan lainnya, peta konsep merupakan pondasi utama dalam pelaksanaan tujuan kelembagaan, maka susunan peta konsep tersebut dijadikan indicator ketercapaian tujuan lembaga pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Tholibul Ilmi © 2020