Kamis, 03 Mei 2018

Piramida Gifted Children

0 komentar
Tingkat kecerdasan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pendidikan. Kemampuan individu dapat ditentukan oleh tingkat kecerdasannya, dengan dilihat dari bakat bawaan (heredititas) dan faktor lingkungan. Pandangan tentang penyeleksian dilihat dari kemampuan berpikir, kemampuan belajar, dan penyesuaaian diri dengan intelejent questions (IQ) minimal 125-140, emotional questions (EQ), spiritual questions (SQ) di atas rata-rata. Sehingga dapat dikategorikan sebagai gifted children yang disesuaikan dengan Three-Ring Conceptions menurut Renzulli (1981, 2005)

The Triadich dari Renzulli-Monks merupakan pengembangan dari Konsepsi Tiga Cincin Keberbakatan dari Renzulli. Model Renzulli-Monks ini disebut model multi faktor yang melengkapi Konsepsi Tiga Cincin Keberbakatan dari Renzulli. Dalam model multi faktornya Monks mengatakan bahwa potensi kecerdasan istimewa (giftedness) yang dikemukakan oleh Renzulli tidak akan terwujud jika tidak mendapatkan dukungan yang baik dari sekolah, keluarga, dan lingkungan di mana anak tinggal (Monks dan Ypenburg, 1995).

Gambar: Piramida Gifted Children

Piramida Gifted children merupakan suatu tahapan dalam pemilihan atau yang dikategorikan oleh penulis dengan tinjauan tentang kemampuan intelektual diatas rata-rata maka dapat dikatakan anak cerdas berbakat yang kemudian akan berikan suatu komitmen untuk mengembangkan kemampuan yang pada akhirnya menghasilkan suatu produk yakni suatu karya cipta.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Tholibul Ilmi © 2020