Tingkat kecerdasan
merupakan salah satu aspek terpenting dalam pendidikan. Kemampuan individu
dapat ditentukan oleh tingkat kecerdasannya, dengan dilihat dari bakat bawaan
(heredititas) dan faktor lingkungan. Pandangan tentang penyeleksian dilihat
dari kemampuan berpikir, kemampuan belajar, dan penyesuaaian diri dengan intelejent questions (IQ) minimal
125-140, emotional questions (EQ), spiritual questions (SQ) di atas
rata-rata. Sehingga dapat dikategorikan sebagai gifted children yang disesuaikan dengan Three-Ring Conceptions menurut Renzulli (1981, 2005)
The Triadich dari Renzulli-Monks merupakan pengembangan dari Konsepsi Tiga Cincin Keberbakatan dari
Renzulli. Model Renzulli-Monks ini disebut model multi faktor yang melengkapi
Konsepsi Tiga Cincin Keberbakatan dari Renzulli. Dalam model multi faktornya
Monks mengatakan bahwa potensi kecerdasan istimewa (giftedness) yang
dikemukakan oleh Renzulli tidak akan terwujud jika tidak mendapatkan dukungan
yang baik dari sekolah, keluarga, dan lingkungan di mana anak tinggal (Monks
dan Ypenburg, 1995).
Gambar: Piramida Gifted Children
Piramida Gifted
children merupakan suatu tahapan dalam pemilihan atau yang dikategorikan
oleh penulis dengan tinjauan tentang kemampuan intelektual diatas rata-rata
maka dapat dikatakan anak cerdas berbakat yang kemudian akan berikan suatu
komitmen untuk mengembangkan kemampuan yang pada akhirnya menghasilkan suatu
produk yakni suatu karya cipta.
0 komentar:
Posting Komentar