Rabu, 09 Mei 2018

Definisi Bakat (Aptitude) dalam Konteks Pendidikan

0 komentar
Aptitude (bakat) adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang. Aptitude bersifat istimewa karena tidak semua orang memilikinya. Msalnya, bermain musik adalah sebuah aptitude karena tidak semua orang bisa bermain musik. Bakat adalah individu yang memiliki kemampuan unggul dalam bidang tertentu dan mampu memberikan prestasi yang tinggi. Mengacu pada pengertian bakat tersebut di atas, bakat itu adalah relatif tetap sepanjang waktu tertentu. Karena bakat itu relatif stabil, maka bakat-bakat itu dapat digunakan untuk membantu memprediksi keberhasilan dalam bidang pendidikan dan karir. Kreativitas adalah ekspresi tertinggi keberbakatan. Kreativitas juga dikaitkan dengan bakat dan fungsi dasar manusia yakni berpikir, merasa, mengindrakan dan intuisi (Herawati, 2010).

Secara substantik teoretis Aptitude dapat diartikan sebagai suatu konsep atau pendekatan yang memiliki sejumlah strategi pembelajaran yang efektif digunakan untuk individu tertentu sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Bakatyang dimiliki seseorang ini merupakan sebuah ciri khas yang ada dalam dirinya. Aptitude sebagai sebuah pendekatan yang berusaha mencari dan menemukan perlakuan-perlakuan yang cocok dengan perbedaan kemampuan siswa, yaitu perlakuan secara optimal efektif diterapkan oleh siswa yang berbeda tingkat kemampuannya.

Secara statistik dan metodologi, Aptitude dimaknai sebagai suatu interaksi statistik yang bersifat multiplikatif (gabungan) dari sekurang-kurangnya satu variabel manusia (independent) dan satu variable perlakuan, dalam mempengaruhi satu variabel hasil belajar. Menggambarkan adanya hubungan timbal balik antara hasil belajar yang diperoleh siswa dengan pengaturan kondisi pembelajaran. Hal ini berarti bahwa prestasi akademik hasil belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh kondisi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru di kelas (Arikunto, 2012).

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa aptitude (bakat) merupakan potensi diri yang khusus dimiliki oleh individu atau perseorangan yang merupakan prestasi tersendiri yang mereka miliki. Bakat ini memiliki nilai istimewa bagi seseorang yang bersangkutan karena tidak semua orang memiliki bakat yang sama dalam bidang yang sama. Setiap orang memiliki bakat dan potensi yang berbeda-bede sehingga bakat mampu membawa seseorang kepada ujung keberhasilan.

Referensi:
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta


Herawati, Oktiana Dwi Putra dkk. 2010. “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 NO.1.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Tholibul Ilmi © 2020