Motivasi
belajar memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap keberhasilan proses maupun
hasil belajar siswa. Salah satu indikator kualitas pembelajaran adalah adanya
semangat maupun motivasi belajar dari para siswa. Motivasi memiliki pengaruh
terhadap perilaku belajar siswa, yaitu motivasi mendorong meningkatnya semangat
dan ketekunan dalam belajar.
Woolfolk
& Nicolich (dalam Eko, 2012), menyatakan bahwa motivasi pada umumnya
didefinisikan sebagai sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan
tindakan. Dalam kegiatan belajar, maka motivasi dapat dikatakan sebagai
keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan
belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah
pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu
dapat tercapai. Dalam dunia pendidikan, minat dapat diartikan sebagai
kecenderungan yang timbul apabila individu tertarik terhadap sesuatu yang akan
dipelajari dan bermakna bagi dirinya. Menurut Effendi (dalam Herwin, 2009)
minat merupakan sumber dari usaha yang timbul dari kebutuhan siswa yang menjadi
faktor pendorong dalam melakukan usahanya (belajar).
Guru
berkontribusi dalam menumbuhkan motivasi belajar yang akan berpengaruh pada
prestasi belajar siswa, di 16 negara sedang berkembang, guru memberi kontribusi
terhadap prestasi belajar sebesar 34%, sedangkan manajemen 22%, waktu belajar
18% dan sarana fisik 26%. Di 13 negara industri, kontribusi guru adalah 36%,
manajemen 23%, waktu belajar 22% dan sarana fisik 19%. Hasil penelitian yang
dilakukan oleh Nana Sudjana menunjukkan bahwa 76,6% hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh kinerja guru, dengan rincian: kemampuan guru mengajar
memberikan sumbangan 32,43%, penguasaan materi pelajaran memberikan sumbangan
32,38% dan sikap guru terhadap mata pelajaran memberikan sumbangan 8,60 (Dedi
Supriadi dalam Eko, 2012).
Referensi:
Herwin, W.
Yogo. 2009. “Kreativitas dalam Pembelajaran Musik”. Jurnal Cakrawala Pendidikan 1 (2)
Eko, W. Putro
dan Anita, Rinawati. 2012. “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar
Siswa”. Jurnal Cakrawala Pendidikan
31 (2): 281-283
0 komentar:
Posting Komentar